Jumat, 23 November 2012

GAGAL GINJAL


Bagi sahabat yang belum tahu, ni ane mau jelasin bagaimana penyakit Gagal Ginjal itu. Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat vital. Biarpun bentuknya hanya sekepal tangan kita, tetapi memiliki fungsi yang begitu dahsyat bagi tubuh. Fungsi ginjal ada 4 :
1)      Mengeluarkan segala racun tubuh atau sampah cair.
2)      Pengatur tensi/ tekanan darah.
3)      Penghasil zat ephoitin yang sangat menentukan untuk pembentukan  sel darah merah.
4)      Pengatur cairan di dalam tubuh.
Keempat Fungsi tersebut, tidak bias dilakukan lagi sendiri melalui pembuangan urin jika sudah di vonis Gagal Ginjal, sehingga pasien akan mengalami : lesu, mual, sampai muntah-muntah, kepala pusing, bahkan serasa di tusuki berpuluh-puluh paku,dan seluruh persendian sakit. Jika cairan di dalam tubuh semakin banyak karena tidak seimbang dengan volume urin yang keluar, maka kaki pun akan bengkak-bengkak, seperti penderita kaki gajah. Penglihatan tidak jelas, bahkan komunikasi pun jadi ngawur seperti orang yang pikun bahkan bisa pingsan, jika kadar ureum dalam darah jauh diatas normal (ureumia).Bisa saja kaki diangkat keatas, tetapi nantinya cairan akan berpindah ke kepala yang membengkak. Kalau kaki dan kepala ditinggikan posisinya selagi tidur, maka jantung dan paru-paru akan terendam cairan. Akibatnya, pasien akan mengalami sesak napas yang hebat.
Solusinya hanya ada 3 alternatif :
1)      Transplantasi ginjal (cangkok ginjal)
2)      HD (Hemo Dialisis) yaitu cuci darah pakai mesin  secara kontinu, 2-3 kali seminggu seumur hidup. Hanya bias dilakukan di rumah sakit tertentu.
3)       CAPD (Continues Ambulantory Peritoneum Dialisis), makna sederhananya, cuci perut memakai cairan Dianeal secara kontinu, 3-4 kali perhari, seumur hidup. Bisa dilakukan sendiri di rumah.

Faktor- faktor penyebab Gagal Ginjal ialah :
1)      Kurang minum air putih setiap hari.
2)      Keracunan makanan/ minuman (berpewarna non pangan, pengawet, perasa buatan)  atau obat-obatan.
3)      Sering menkonsumsi minuman berenergi atau vitamin C dosis tinggi
4)      Penderita Hipertensi
5)      Penderita Diabetes

Hanya orang yang mendapatkan mukjizat dari Allah Yang Maha Kuasa yang bisa terlepas dari vonis Gagal Ginjal dan mereka yang dengan izin Allah bias transplantasi ginjal dengan sukses. Maka sayangilah ginjal Anda, selagi masih sehat! Karena Gagal Ginjal itu, penderitaan seumur hidup, yang tak kunjung sembuh. Bahkan semakin lama Anda menjalani terapi pengganti fungsi ginjal, baik HD maupun CAPD, semakin berkurang ketahanan tubuh Anda.

4 komentar:

  1. Semangat...
    nuhun kang Ilmu.. nyaa

    BalasHapus
  2. Semangat Pak, Bagaimana Kondisinya sekang? semoga baik2 saja... Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya fathiya bilqis saida, saya anak ke 4 bapak asep, terima kasih semua pembaca yang telah memberikan doa untuk ayah saya, sejak 4 tahun lalu, tepatnya 19 desember 2014, ayah saya telah meninggal... terima kasih atas segala dukungan nya.. dan bagi orang orang yang CAPD atau HD juga, semoga allah selalu beri kesahatan dan pertolongan aamiiin

      Hapus